Breaking News

Definisi Toko On-Line

Toko Online atau umum dikenal sebagai e-commerce (Electronic Commerce), adalah tipe industri dimana penjualan dan pembelian produk atau layanan dilakukan secara sistem elektronik seperti Internet atau jaringan komputer lainnya.

E-commerce menggunakan teknologi seperti:
  1. Mobile Commerce, 
  2. Transfer Dana Elektronik, 
  3. Manajemen Stok, 
  4. Internet Marketing, 
  5. Proses Transaksi Online, 
  6. Pertukaran Data Elektronik/ Electronic Data Interchange (EDI), 
  7. Manajemen Inventory, dan 
  8. Manajemen Data System Otomatis. 
Sistem commerce moderm umumnya menggunakan World Wide Web (WWW) untuk siklus transaksinya, meskipun saat ini telah berkembang lebih jauh menuju teknologi seperti:
  • e-mail, 
  • perangkat mobile, 
  • social media dan telepon.
Toko Online retail memiliki form yang memungkinkan konsumen untuk secara langsung membeli produk atau layanan dari penjual melalui internet menggunakan web browser. 

Nama-nama yang digunakan selain e-commerce adalah:  
  1. e-web-store, 
  2. e-shop, 
  3. e-store, 
  4. Internet shop, 
  5. web-shop, 
  6. web-store, 
  7. online store, dan 
  8. virtual store.
E-commerce memiliki 2 wilayah yaitu: 
  1. Business to Business (B2) dan Business to Consumer (B2C).
  2. B2B merupakan transaksi diantara para pebisnis, seperti antara perusahaan dan pengusaha grosir, atau antara pengusaha grosir dengan retailer.
  3. B2C adalah sistem transaksi dari pebisnis langsung kepada konsumen/ end-user.
Dalam sebuah Toko Online umumnya memiliki :
  1. Konsumen adalah pengunjung website yang tertarik dengan produk/ jasa yang ditawarkan dan membelinya secara langsung melalui sistem transaksi online.
  2. Sistem pembayaran adalah proses transaksi pembayaran dari konsumen ke penjual, dimana terdapat beberapa pilihan sistem yang berbeda-beda di masing-masing negara. Untuk sistem pembayaran di Indonesia umumnya menggunakan sistem Transfer Bank, sedangkan untuk sistem pembayaran e-commerce yang paling populer adalah menggunakan PayPal, selain itu sistem pembayaran juga dapat menggunakan Kartu Kredit dan beberapa jasa pembayaran online seperti WorldPay, 2Checkout.
  3. Sistem Pengiriman. Barang yang dipesan oleh konsumen akan dikalkulasi berat serta tujuan pengiriman, disini akan muncul berapa biaya pengiriman yang harus ditanggung oleh pembeli, sistem pengiriman yang umum di Indonesia menggunakan ekspedisi seperti TIKI JNE, TIKINET, Pahala Kencana, sedangkan untuk internasional dapat menggunakan UPS atau FedEx.
  4. Sistem Belanja Online. Prosedur belanja online menggunakan sistem checkout, dimana barang yang telah dipilih akan dikelompokkan dalam satu keranjang belanja untuk dikalkulasi total nilai belanja, yang nantinya informasi ini akan dikirimkan ke penjual sebagai Order.
  5. Design. Website Toko Online harus memiliki design dan tampilan yang menarik untuk dapat memikat pengunjung agar membeli produk atau jasa yang kita jual. Design yang modern dan dinamis sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan dalam bisnis toko online. Dengan teknologi saat ini, design website sudah memiliki cakupan yang lebih luas lagi, dimana design harus mendukung berbagai perangkat online seperti Tablet, Smartphone, dan multi web browser.
Sistem diatas adalah gambaran umum mengenai pengembangan Toko Online.